Beranda TERBARU Tim Penggerak PKK Kabu­paten Deliserdang Meraih Juara Umum Lomba Masak Serba...

Tim Penggerak PKK Kabu­paten Deliserdang Meraih Juara Umum Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2018

4
BERBAGI

Sumut.Kabardaerah.com Tim Penggerak PKK Kabu­paten Deliserdang berhasil meraih juara umum pada Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Sumut 2018 di Hotel Danau Toba Medan, Rabu (7/11). Dua menu keluarga/utama yang jadi andalan itu, yakni “Ikan Lapis” dan “Soto Ikan Ceria”.Dari kedua menu tersebut, TP PKK Deliserdang menduduki peringkat perta­ma. Keberhasilan itu sekaligus membe­rikan tiket sebagai duta Sumut pada lomba yang sama di tingkat nasio­nal yang akan digelar awal Desem­ber 2018 di Jakarta.

Kepala Dinas Kelautan dan Peri­kan­an Sumut, Muliadi Simatupang me­ngatakan, lomba memasak olahan ikan ini dalam rangka gerakan agar masya­rakat makan ikan (Gemarikan) untuk mendukung kedaulatan pangan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan dan kecerdasan masyarakat.“Jadi kita ingin membangun kesa­daran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkon­sumsi ikan. Apalagi pengelolaan ikan menjadi makanan enak semakin variatif sehingga menjadi menu wajib makanan keluarga sehari-hari,” kata Muliadi.

Dijelaskannya, lomba masak serba ikan ini telah dilaksanakan secara ber­jenjang mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional. Di­mana tujuannya juga untuk mening­katkan keterampilan memasak para peserta berbahan baku ikan dan mendu­kung pemanfaatan sumberdaya ikan yang berkedaulatan dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.“Kita juga ingin mencapai target nasional dalam ketahanan pangan dan gizi masyarakat Indonesia dengan mensinergikan visi dan misi Gubernur Sumut yakni maju, aman, sejahtera.dan bermartabat yaitu bermartabat dalam sandang dan pangan,” imbuhnya.

Ketua tim lomba dari Deliserdang, Sri Pepeni Yusuf Siregar mengatakan, keanekaragaman olahan ikan di Sumut tidak kalah diban­ding daerah mana pun. Bahan olahan ikan yang menjadi hal utama pada lomba itu merupakan hasil laut Sumut.”Potensi laut kita sangat kaya, khu­susnya hasil tangkapan ikannya. Kalau dioptimalkan untuk konsumsi masya­rakat, maka kesejahteraan nelayan akan meningkat seiring dengan peningkatan taraf kesehatan yang didapat dari me­ngonsumsi ikan,” katanya.Disinggung tentang juara yang juga diraih pada tahun lalu, Sri Pepeni menyebut timnya semakin solid. Se­hingga mempertahankan gelar juara yang memang dirasa berat, namun masih bisa diselesaikan dengan baik.

“Untuk kali ini, kami memperca­yakan Lisda dan Rita di depan meng­hadapi dewan juri,” imbuhnya. Sedang­kan jurumasak Fatma Ningrum dan Masdiana yang menjadi duta Sumut di tingkat nasional tahun lalu, tetap mem­perkuat tim dari Deliserdang tersebut, bahkan di tingkat nasional nantinya.

Atas raihan prestasi tersebut, Kadis Perikanan dan Kelautan Deliserdang TM Zaki Aufah, mengatakan keberha­silan timnya pada lomba yang berkaitan dengan tujuan demi penganekara­gaman pangan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat itu, semua tidak terlepas dari binaan dan bimbing­an Ketua TP PKK Deliserdang Ny Yunita Ashari Tambunan. “Ini bukan kali pertama kami mendapat juara umum. Tahun-tahun sebelumnya juga prestasi ini kami dapatkan, jadi ini hanya mempertahankan juara saja.”

Selengkapnya juara pada lomba ma­sak ikan tersebut, pada kategori menu utama/keluarga, juara 2 dan 3 diraih TP PKK Tanjungbalai dan Tapanuli Selatan. Kemudian juara harapan 1, ha­rapan2, dan harapan 3, masing-ma­sing diraih TP PKK Labuhanbatu, Asa­han, dan Padang Lawas.Sedangkan untuk kategori menu balita/kudapan, juara 1 TP PKK Kabu­paten Madailing Natal, juara 2 Kota Me­­dan, dan juara 3 Labuhan Batu Uta­ra. Kemudian harapan 1, 2, dan 3, masing-masing Humbang Hasundutan, Tebingtinggi, dan Langkat.(As)